Joko's Spot: Tugas ke-5 Matakuliah Perancangan Sistem Informasi

Tugas ke-5 Matakuliah Perancangan Sistem Informasi

NIM : 112100925
Nama : Joko Gunawan
Semester/Kelas : 5/C3
Jurusan : Teknik Informatika
Jenjang : S1
Matakuliah : Perancangan Sistem Informasi

Soal:

  1. List five of the eleven usability heuristic for judging the usability of computer system and ecommerce website provided by nielsen and others.
  2. What are 5 objectives for designing user interfaces.


Jawaban nomor 1:

Nielsen and Mack (1994) and Nielsen, Molich, Snyder, and Farrell (2001) have published usability heuristics (or rules of thumb) based on thousands of usability tests of interfaces and, later, tests of ecommerce Web sites. They include visibility of system status, match between the system and the real world, user control and freedom, consistency and standards, error prevention, reconnection rather than recall, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimalist design, help that users recognize, diagnosis and recovery from errors, and help and documentation. Some of these are already familiar to you from the input and output design chapters.

Nielsen dan Mack (1994) dan Nielsen, Molich, Snyder, dan Farrell (2001) telah menerbitkan kegunaan heuristik (aturan baku) berdasarkan ribuan tes kegunaan antarmuka dan kemudian tes mengenai situs dari web e-commerce. Mereka mengisi visibilitas dari status sistem, memabndingkan antara sistem tersebut dengan dunia nyata, kontrol dari pengguna dan kebebasan, konsistensi dan standar-standar, mencegah kesalahan, rekoneksi daripada mengingat, fleksibilitas dan efisiensi dalam hal penggunaan, estetika dan desain minimalis, yang membantu pengguna untuk mengenali, mendiagnosa dan memulihkan kesalahan-kesalahan yang terjadi, dan bantuan dan dokumentasi. Beberapa di antaranya sudah akrab bagi Anda dari pembelajaran bab input dan output desain.

Jawaban nomor 2:

Your goal must be to design interfaces that help users and businesses get the information they need in and out of the system by addressing the following objectives:

  1. Matching the user interface to the task.
  2. Making the user interface efficient.
  3. Providing appropriate feedback to users.
  4. Generating usable queries.
  5. Improving the productivity of computer users.


Ketika mengevaluasi antarmuka yang Anda pilih, ada beberapa standar yang perlu diingat:

  1. Masa pelatihan yang penting bagi pengguna harus singkat.
  2. Pengguna yang masih baru dalam pelatihan harus dapat memasukkan perintah tanpa memikirkan tentang diri mereka atau tanpa mengacu dalam menu bantuan atau buku manual. Jagalah agar antarmuka tersebut konsisten sepanjang aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu dalam hal ini.
  3. Antarmuka selayaknya dibuat "tidak asalan" sehingga mengurangi kesalahan-kesalahan dan kesalahan yang telah terjadi tidak terjadi lagi karena rancangan yang buruk.
  4. Waktu yang diperlukan oleh pengguna dan sistem untuk memperbaiki kesalahan harus singkat.
  5. Pengguna yang jarang memakai harus mampu mempelajari kembali sistemnya dengan cepat.




Daftar Pustaka:
Kendall, Kendall, 2003, Analisis dan Perancangan Sistem Edisi kelima Jilid 2, Jakarta, PT Indeks Kelompok Gramedia

No comments:

Post a Comment

Copyright © Joko's Spot Joko_Liauw