Joko's Spot: Tugas ke-3 Matakuliah Perancangan Sistem Informasi

Tugas ke-3 Matakuliah Perancangan Sistem Informasi

NIM : 112100925
Nama : Joko Gunawan
Semester/Kelas : 5/C3
Jurusan : Teknik Informatika
Jenjang : S1
Matakuliah : Perancangan Sistem Informasi

Soal:
Tampilan Form


Jawaban:

Sebelumnya untuk membuat form yang baik dan benar, ada baiknya kita flashback terlebih dahulu agar pada saat memperbaiki form di atas, kita lebih memahami tentang bagian-bagian form yang akan diperbaiki.

Tujuh bagian pokok dari suatu formulir yang kuat adalah sebagai berikut:
  1. Judul
  2. Pengenalan (identifikasi) dan jalan masuk (akses)
  3. Pertunjuk-petunjuk (instruksi)
  4. Badan
  5. Tanda tangan dan pembuktian (verisifikasi)
  6. Total
  7. Komentar/Pendapat
Tujuh bagian ini idealnya harus ada pada form. Karena jika salah satu bagian tidak ada, maka form akan terlihat tidak jelas informasinya darimana, siapa pihak yang bersangkutan mengisi formulir tersebut. Petunjuk apa saja yang perlu diperhatikan saat mengisi form.

Form di atas tidak memenuhi ke-7 bagian tersebut. Oleh karena itu, akan dijelaskan detail mengenai bagian-bagian mana yang perlu diperbaiki.

Judul (Heading)
Judul
Bagian judul selalu terdiri dari nama dan alamat urusan yang memulai form. Judul di form atas memperlihatkan tidak ada nama dan alamat yang bersangkutan. Form di atas hanya menuliskan "Formulir Rekaman Medis" yang jelas membuat bingung pasien baru yang akan mengisi form tersebut.

Identifikasi dan akses

Bagian identifikasi dan akses termasuk kode-kode yang biasa digunakan untuk memperoleh secara mudah dikemudian hari. Informasi ini sangatlah penting ketika suatu organisasi perlu menyimpan dokumen dalam beberapa tahun tertentu. Bagian petunjuk menceritakan bagaimana formulir harus diisi dan dimana harus diserahkan/dikirimkan setelah diisi.

Form diatas sendiri tidak mencantumkan bagian identifikasi dan akses sehingga jika informasi dalam form tersebut ingin dicari kemudian hari, maka pihak dari rumah sakit akan kesulitan mencarinya karena tidak kode-kode yang menunjukkan identitas pasien yang diisi melalui form. Ada baiknya, perlu ditambahkan bagian ini disamping bagian judul. Sebagai contoh, saya menaruh bagian tersebut pada pojok kanan atas untuk memudahkan saya pada saat mencari dokumen penting.

Petunjuk-petunjuk (instruksi)

Form di atas tidak menujukkan instruksi yang ada bagaimana cara mengisi form yang tepat. Sebagai contoh, saya mungkin akan menambahkan "beri jawaban checklist untuk pertanyaan pilihan dengan bentuk checkbox (kotak)" atau bisa juga pada bagian jenis kelamin "coret bagi jawaban yang tidak perlu".

Badan (Isi)

Isi
Form diatas tidak efektif karena terdapat tempat pengisian yang kecil terutama pada alamat. Pada bagian date of last exam tidak dicantumkan tempat dimana tahun, bulan, dan tanggal berada. Memang, jika anda tinggal di USA format mereka selalu tahun, tanggal dan bulan, tapi bagaimana dengan negara-negara lain? mungkin saja bisa tahun, bulan, dan tanggal. Selain itu, soal-soal yang ditanyakan tidak berurutan maksudnya soal tersebut tidak memusat pada satu hal tetapi pada semua sehingga pasien yang mengisi akan berpikir ke hal lain. Ambil contoh, awalnya ada data berupa nama dan alamat. Kemudian setelah bagian itu terdapat nama ayah dan ibu, setelah itu jenis kelamin.

Bagian tanda tangan, verifikasi, total, dan komentar/pendapat
Tanda tangan sangat diperlukan sebagai bukti bahwa seseorang yang menulis form tersebut. Verifikasi sebagai persetujuan dari pihak yang bersangkutan bahwa ia telah menyetujui atau mengizinkan pasien. Adanya akhir berupa total dan rangkuman pendapat adalah cara yang logis untuk menyediakan penutupan bagi orang yang mengisi formulir. Form diatas sendiri tidak menyediakan ketiga bagian tadi dan dikatakan minim sekali informasi yang terdapat pada formulir tersebut.

Form Perbaikan
Bagian atas

Bagian bawah

Jika kurang jelas, file bisa di download sini


Bagian total tidak saya masukan karena total sendiri berhubungan dengan jumlah dari satuan barang atau orang sedangkan pada form tersebut hanya berupa pendaftaran.



Daftar Pustaka:
Kendall, Kendall, 2003, Analisis dan Perancangan Sistem Edisi kelima Jilid 2, Jakarta, PT Indeks Kelompok Gramedia
http://www.hastingsscouts.info/important_papers/medical_class_1and2_small.gifhttp://www.local831.org/forms/Medical%20Forms%2008-10.jpghttp://www.poweredparaglidingontario.ca/download/medical_form.JPG

No comments:

Post a Comment

Copyright © Joko's Spot Joko_Liauw